National Essay Competition

National Essay Competition merupakan perlombaan karya tulis ilmiah di tingkat nasional. National Essay Competition mengusung tema “Optimizing The Creativity Of The Millennial Generation As An Effort To Recover The Economy After The Pandemic”. Moh. Dzikri Husna mengatakan “Kompetisi ini untuk meningkatkan kreativitas dan melatih mahasiswa untuk menulis dan memberikan solusi terbaik dalam memperbaiki ekonomi di Indonesia pasca pandemi” tuturnya selaku Ketua Ahmad Dahlan Accounting Fair #8.
National Essay Competition adalah salah satu rangkaian acara dari Ahmad Dahlan Accounting Fair #8 yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan. Acara ini ditujukan untuk mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dan mahasiswa umum.
National Essay Competiton dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus sampai dengan 07 November 2021 secara daring. Rangkaian acara National Essay Competition diawali dengan pendaftaran peserta kemudian pengumpulan naskah Essay yang nantinya akan diseleksi atau dinilai oleh juri yaitu Ibu Indah Shofiyah, S.E., M.Sc., QWP. Kemudian pengumuman 10 tim yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya yaitu tahap pembuatan video presentasi. Kepada 10 tim Finalis National Essay Competiton diminta membuat video pemaparan Essay melalui video presentasi.
Puncak dari National Essay Competition adalah pengumuman juara pada tanggal 07 November 2021 dalam rangkaian acara Opening Ceremony melalui media zoom meeting dan live YouTube Universitas Ahmad Dahlan.
Peserta yang mendapatkan juara dalam National Essay Competition yaitu


Juara 1 dari Universitas Gadjah Mada yang beranggotakan Muhammad Luthfi Aprilian sebagai ketua dan Nur Nisrina Hanif Rifda sebagai anggota dengan judul essay Inovasi Pemulihan Ekonomi Berbasis Peningkatan Aksebilitas dan Kompetensi Kerja Melalui Aplikasi Sikertas (Siap Kerja Berkualitas).

Juara 2 yaitu dari Universitas Airlangga yang beranggotakan Nabilla Nurtsaniya sebagai ketua, Ismi Estuning Hidayah dan Qonita Miftahul Jannah sebagai anggota dengan judul essay Pengembangan Industri Kreatif Pada Bidang Seni Tradisional Sebagai Upaya Melestarikan Budaya Indonesia.

Juara 3 dari Universitas Ahmad Dahlan yang beranggotakan Muhammad Akbar sebagai ketua, Sugeng Rasyid Prakoso dan Yusril Imadudin sebagai anggota dengan judul essay Akselerasi Peran Pemuda (Mahasiswa) Sebagai Volunteer Pemberdayaan Desa yang Maju di Era New Normal.

Best Video Presentation dari Universitas Telkom yang beranggotakan Bella Angraini sebagai ketua dan Erika Megadiana sebagai anggota dengan judul essay Cerkak : Inovasi Keluarga Sejahtera Bagi Masyarakat Desa Melalui Inklusi Keuangan.

“Bagi teman-teman yang belum berkesempatan menjadi juara masih banyak kesempatan lain bagi teman-teman untuk mengikuti lomba di Ahmad Dahlan Accounting Fair #8” ucap master of ceremony sebagai penutup acara National Essay Competition.